Langsung ke konten utama

Macam-macam Jaringan Komputer Lengkap Dengan Ciri-cirinya

Macam-macam Jaringan Komputer Lengkap Dengan Ciri-cirinya

Secara sederhana pengertian dari jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Berikut macam-macam jaringan komputer tersebut:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), yaitu jaringan komputer yang diimplementasikan dalam lingkup geografis terbatas. Komputer yang saling terhubung tergabung dalam satu network secara fisik maupun logika.
LAN adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis lokal, seperti rumah, kantor atau kelompok bangunan. LAN sekarang lebih banyak menggunakan teknologi berdasar IEEE 802.3 Ethernet switch, atau IEEE 802.11 Wi-Fi, yang kebanyakan berjalan pada kecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps (Gigabit Ethernet).
Perangkat yang digunakan untuk interkonesi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch dan Bridge, walaupun secara kinerja Hub dan Swicth dapat dikategorikan pada bridge.

Ciri-ciri LAN antara lain:


a. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
b. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
c. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), mempunyai cakupan geografis yang lebih luas dari batasan Local Area Network (LAN) adius yang lebih luas ini ditentukan oleh media yang meingimplementasikan jaringan komputer ini, dimana dapat digunakan lebih dari satu jenis media. Contohnya berupa koneksi antar komputer pada satu lingkup perusahaan (satu pengelola teknis), seperti koneksi kantor pusat dengan kantor cabang yang masih terdapat dalam lingkup satu daerah.
Batasan dari Metropolitas Area Network (MAN) terletak pada kendali teknis jaringan komputer (traffic) yang hanya terdiri dari satu kendali teknis (autonomous systems), walaupun terdiri dari banyak network yang saling terkoneksi dalam satu batasan geografis kota.

Ciri-ciri MAN antara lain:


a. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
b. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
c. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
d. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
e. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana


3. Wide Area Network (WAN)


Wide Area Network (WAN), merupakan integrasi dari banyak network yang saling terhubung dengan menggunakan media dan teknologi yang beragam. Kendali teknisnya pun sangat banyak, selanjutnya setelah dimuati berbagai aplikasi, jaringan komputer ini dikenal dengan Internet.
Jaringan Komputer dengan implementasi yang menggabungkan LAN, MAN dan WAN dapat disebut sebagai WAN.
Ciri utama WAN adalah merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System (AS). Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringanatau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh.

Baca juga: Jaringan Komputer: 7 Layer Model OSI Lengkap Beserta Penjelasannya


Cukup disini dulu penjelasannya jangan lupa like. Macam-macam Jaringan Komputer - 
Kunjungi IDUBIR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi-kisi Ujian Nasional Rekayasa Perangkat Lunak Kurikulum 2013 Revisi Tapel 2017-2018

Kisi-kisi Ujian Nasional Rekayasa Perangkat Lunak Kurikulum 2013 Revisi Tapel 2017-2018 Dalam kisi-kisi Ujian Nasional K13 Revisi tahun ini ada banyak perubahan dibanding dengan dengan soal-soal tahun sebelumnya. Salah satu yang paling mencolok adalah pengurangan materi yang menjadi lima materi pokok, sehingga memudahkan kita untuk memetakkan materi. Lansung saja berikut ini materinya: Baca juga: Kisi-kisi Ujian Nasional Teknik komputer dan Jaringan Kurikulum 2013 Revisi Kisi-kisi Ujian Nasional Multimedia Kurikulum 2013 Revisi Tapel 2017-2018 Demikian share penulis tentang kisi-kisi Ujian Nasional RPL K13 Revisi. Semoga bermanfaat.

Cara Install Debian di VMWare Player

Kenapa pilih VMPlayer bukan VMWare Workstation tentu jawabannya karena ringannya aplikasi. Pada VMPlayer selain ringan juga pemakaiannya sangat praktis, sangat cocok bagi pemula. Sehingga mudah dipahami oleh semua golongan. Debian yang di install adalah versi 7.1. Lansung saja berikut langkah-langkah installasi Debian: 1. Berikut tampilan awal VMPlayer 2. Membuat virtual mechine baru dari menu VMPlayer 3. Memiih metode installasi, dalam hal ini sudah disediahkan file iso Debian 4. Memberi nama virtual mechine dan menyimpan file sesuai yang diharapkan 5. Memilih metode harddisk yang digunakan, lebih baik gunakan split virtual disk karena keuntungan yang didapat sewaktu-waktu dipindah ke PC lain bisa dijalankan 6. Untuk mempermudah konfigurasi IP Address maka type koneksinya menggunakan Host-Only. Kelebihan dari koneksi ini pengaturan ip sesuai dengan pilihan kita antara PC induk dan virtual 7. Konfigurasi ukuran ram, untuk kali ini saya beri ukuran ramnya 316MB